Selasa, 12 Juli 2011

5 Vitamin untuk Meningkatkan Kesehatan dan Elastisitas Kulit

Memiliki kulit yang kenyal, cerah, muda dan bercahaya adalah idaman setiap orang, terutama para kaum wanita, tetapi dengan bertambahnya umur, kulit kita menjadi tidak elastis, keriput, dan tidak kencang. Begitu banyak cara yang Anda lakukan untuk meremajakan dan mengembalikan kembali elastisitas kulit,
bahkan melalui operasi. Sebenarnya ada sumber alami yang dapat mengembalikan keremajaan dan elastisitas kulit Anda, yaitu vitamin.

Vitamin sangat berguna bagi kulit, jika dikonsumsi dengan tepat dapat membuat kulit semakin kencang dan sehat. Namun, tidak semua vitamin bisa digunakan untuk mengencangkan kulit, Berikut ini beberapa vitamin yang paling bermanfaat untuk mempertahankan elastisitas dan kekenyalan kulit:
  • Vitamin E adalah vitamin yang paling penting dalam menyegarkan kulit, membuat kulit lembut dan lentur. Vitamin ini terdapat pada almond, walnut, kacang, zaitun, dll. Vitamin ini juga bertindak sebagai antioksidan dan membantu menghilangkan radikal bebas dari dalam. Vitamin ini sangat berguna untuk mencegah penuaan kulit dan melembabkan kulit Anda. Dosis maksimum yang direkomendasikan adalah 400 IU per hari.
  • Pasokan vitamin E di dalam tubuh akan meningkatkan produksi vitamin A, yang juga dapat mengencangkan kulit. Vitamin A memiliki sifat antioksidan yang menghambat penuaan kulit, menjaga elastis untuk jangka waktu yang lama. Tidak hanya membuat kulit menjadi elastis, vitamin ini juga membuat kulit resisten terhadap sejumlah penyakit kulit. Namun, Anda harus berhati-hati mengenai dosis, karena keracunan vitamin A berbahaya bagi tubuh. Makanan yang kaya vitamin A adalah wortel, bayam, kangkung, lobak, peterseli, dll.
  • Salah satu vitamin yang paling efektif untuk meningkatkan elastisitas kulit adalah vitamin K. Vitamin Ini juga digunakan sebagai pengobatan yang efektif untuk penyembuhan psuedoxanthoma elasticum.  Vitamin ini terdiri dari tiga jenis yaitu vitamin K1, K2 dan K3 yang mengatur aliran darah, yang selanjutnya memberikan nutrisi pada kulit, selain menaikkan elastisitas kulit, juga membantu dalam menghilangkan keriput. Sayuran hijau, kacang kedelai, bayam, kubis, ayam, kuning telur, dll, mengandung vitamin K.
  •  Vitamin C  merupakan agen detoksifikasi yang sangat baik, mampu membilas racun dan radikal bebas dari tubuh, sehingga mempertahankan elastisitas kulit. Hal ini meningkatkan produksi kolagen dan pembentukan jaringan baru. Semua proses ini diperlukan untuk kekencangan kulit terus-menerus. Vitamin C terdapat pada buah jeruk, lemon, anggur, berry, dll.
  • Vitamin B atau yang lebih dikenal dengan vitamin B kompleks, adalah vitamin yang penting untuk retensi kelembaban di kulit. Niacinamide, produk sampingan dari vitamin B, menjadi pengobatan yang efektif untuk komplikasi masalah kesehatan kulit dan juga digunakan untuk mengobati jenis lain masalah kulit seperti pigmentasi terkait usia, stretch mark, keriput, dll Sumber alami vitamin B adalah produk gandum, telur, susu, beras merah, kacang-kacangan, sereal, kentang, dll
Terakhir yang juga tidak kalah penting untuk menjaga kekencangan kulit adalah banyak minum air putih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar