Jumat, 02 Desember 2011

Cara Jitu Menghindari Lemak Jahat Untuk Pola Makan yang Sehat

Apabila Anda melihat label nutrisi, mungkin Anda akan sedikit bingung. Beberapa label nutrisi menuliskan jumlah lemak total, termasuk 4 jenis lemak lainnya. Bagaimana cara Anda menentukan apakah produk makanan tersebut sehat atau tidak? Sebetulnya ada beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk menghindari konsumsi lemak jahat dalam produk yang Anda beli dan Anda buat dari awal.

Instruksi
  1. Ketahuilah yang mana lemak yang baik dan yang mana lemak yang jahat. Label nutrisi menuliskan jumlah lemak total, diikuti dengan lemak jenuh, lemak trans, lemak tidak jenuh berantai ganda, dan lemak tidak jenuh berantai tunggal. Lemak jenis apa yang harus Anda hindari? Lemak jenuh memang tidak sehat, namun jenis lemak nomor 1 yang harus Anda hindari adalah lemak trans. Lemak trans digunakan untuk mempertahankan produk agar tetap padat pada suhu ruangan. Lemak trans dikaitkan dengan peningkatan penyakit jantung dan gangguan kesehatan lainnya.
  2. Temukan pengganti yang sehat saat membuat kue. Contohnya, Anda dapat mengganti minyak dengan saus apel saat membuat kue. Pilihan baik lainnya adalah yoghurt bebas lemak dan pengganti telur.
  3. Memasaklah dengan minyak zaitun. Mungkin Anda berpikir bahwa lemak zaitun adalah pilihan yang buruk karena jumlah lemak yang dikandungnya. Sebetulnya, lemak zaitun baik untuk dikonsumsi. Minyak zaitun dipenuhi lemak baik. Artinya, minyak ini lebih sehat untuk digunakan dibandingkan dengan jenis minyak lainnya. Hal yang paling penting, minyak zaitun juga dapat digunakan untuk sebagai dressing salad, yang membantu Anda menghindari lemak jahat.
  4. Pilihlah dada ayam dibandingkan dengan daging sapi. Empat ons daging dada ayam hanya mengandung 0.4 gram lemak jenuh, sementara 4 ons daging sapi mengandung 4.5 gram lemak jenuh. Anda sebaiknya mengurangi konsumsi lemak jenuh sebisa mungkin karena lemak jenuh dapat menyebabkan penyakit jantung.
  5. Pilihlah produk susu yang rendah lemak atau bebas lemak. Produk susu dapat mengandung lemak jenuh, namun produk susu penting dalam mempertahankan pola hidup sehat. Untungnya, Anda dapat menemukan berbagai produk susu yang rendah lemak dan bebas lemak.
Tips dan Peringatan
  • Dada kalkun juga rendah lemak jenuh.
  • Lemak tidak jenuh berantai tunggal dan ganda sehat untuk tubuh.
  • Pilihlah mentega dibandingkan margarin padat. Margarin padat mengandung lemak trans, yang lebih jahat dibandingkan lemak jenuh.
Jika Ingin Belajar Cara Diet Cepat dan Sehat, Silahkan Kunjungi Website: Belajarcaradiet.com
Website ini Menyediakan Puluhan Artikel – Artikel Diet yang Bermanfaat untuk Anak – Anak, Remaja, maupun Dewasa.

Guest Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar