Kamis, 19 April 2012

Manfaat Kesehatan dari Mengkonsumsi Tofu

Tofu atau tahu jepang adalah makanan yang mudah dijumpai di Asia. Tofu juga dikenal sebagai keju Asia. Tofu adalah makanan yang sangat bergizi dan dikatakan bahwa mengkonsumsi dua gram tofu setiap hari dapat membantu tubuh untuk mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan yang tidak sehat.

Tofu merupakan produk olahan yang berasal dari dadih susu kedelai dan biasanya berbentuk blok persegi panjang. Tofu sangat kaya akan protein, besi, mangan dan triptofan. Tofu juga merupakan sumber asam lemak omega 3 yang tinggi. Selain itu, berisi baik jumlah selenium, tembaga, fosfor, kalsium dan magnesium. Tofu rendah kalori dan lemak dan bebas kolesterol.

Protein pada kedelai sangat baik untuk jantung. Membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida. Selain itu, meningkatkan kolesterol baik atau HDL dan mencegah pembekuan darah. Jadi, tofu sangat baik untuk mencegah aterosklerosis, penyakit jantung diabetes dan serangan jantung atau stroke. Kehadiran asam lemak omega 3 dalam tofu membuatnya menjadi makanan yang baik untuk kesehatan kardiovaskular. Omega 3 dikenal karena manfaat kesehatan yang sangat baik termasuk mencegah penyakit jantung, mencegah penggumpalan darah di dalam arteri, mengurangi inflamasi, meningkatkan rasio HDL dan LDL, menurunkan kadar kolesterol dan mencegah denyut jantung tidak teratur.

Besi yang terdapat dalam tofu membuatnya menjadi makanan energi yang baik. Tembaga dan besi yang terdapat dalam tofu membantu sintesis hemoglobin, yang penting untuk produksi energi. Tembaga dan mangan sangat membantu dalam mengurangi gejala rheumatoid arthritis.

Selenium dalam tofu membantu melindungi kita terhadap penyakit, seperti asma, kanker prostat dan juga melindungi kita dari radikal bebas. Tofu juga mempunyai antioksidan yang sangat baik, membantu untuk memperbaiki DNA, melindungi sel usus besar dari racun dan mencegah kanker usus besar dan mengurangi risiko mengembangkan kanker-kanker lainnya.

Kalsium merupakan mineral yang ditemukan di tofu dalam jumlah yang baik. Hal ini berguna untuk struktur tulang dan penting bagi wanita menopause. Kalsium juga berguna dalam kasus rheumatoid arthritis dengan mengurangi keropos tulang. Tofu adalah sumber nutrisi yang penting dan Konsumsi tofu yang rutin dapat meningkatkan kesehatan secara signifikan.
Foto: Wikipedia/Chris 73

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar